TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 



BAB 12: TINGGI RENDAHNYA IMAN TERGANTUNG PADA AMAL BAIK YANG DIKERJAKAN
21[Bukhari 22] Diriwaatkan dari Abu Sa'id Al-Khudriy ra, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: "Ketika penghuni surga masuk ke dalam surga dan penghuni neraka masu ke dalam neraka, Allah Swt berfirman, 'Keluarkanlah penghuni neraka yang di dalam hatinya terdapat iman meskipun seberata biji Sawi'. Maka mereka dikeluarkan dari neraka dengan tubuh yang hitam kelam, lalu mereka dimasukkan ke dalam sungai Al-Haya atau Al-Hayat"[footnote 1]. Malik ragu-ragu, apakah Al-Haya atau Al-Hayat. "Kemudian mereka tumbuh bagai butir padi di dekat aliran air. Tidakkah kamu tahu bahwa padi tersebut tumbuh agak menguning dan melambai?"
[footnote 1]: Sungai Al-Haya atau Al-Hayat artinya sungai kehidupan.

22[Bukhari 23] Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudriy ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, "Ketika aku sedang tidur, aku bermimpi ada oarng-orang yang berpakaian diperlihatkan kepadaku, mereka ada yang berpakaian sampai ke dada, ada yang berpakaian lebih pendek lagi dan Umar bin Al-Khattab diperlihatkan kepadaku dalam mimpi itu dengan mengenakan pakaian panjang sampai menyentuh tanah". Para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah, bagaimana anda menafsirkan mimpi tersebut?" Beliau menjawab: "Pakaian tersebut adalah agama"

BAB 13: RASA MALU (UNTUK BERBUAT DOSA) ADALAH BAGIAN DARI IMAN.
23[Bukhari 24] Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra, bahwa suatu ketika Rasulullah Saw melewati seorang laki-laki Anshar yang sedang menasehati saudara laki-lakinya agar jangan malu-malu, kemudian Rasulullah Saw bersabda: "Biarkanlah saudara laki-lakimu itu, karena rasa malu adalah bagian dari iman".

BAB 14: FIRMAN ALLAH 'AZZA WA JALLA (YANG ARTINYA): ".... TETAPI JIKA MEREKA BERTOBAT, MENDIRIKAN SALAT DAN MEMBAYAR ZAKAT MAKA BERILAH MEREKA KEBEBASAN" (AL-QURAN, SURAH AT-TAUBAH: 5)
24[Bukhari 25] Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Aku diperintahkan untuk memerangi orang-orang kafir, kecuali jika mereka sudi bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, kemudian mereka mendirikan salat dan membayar zakat. Apabila mereka sudah menjalankan semua itu, maka jiwa dan harta mereka aku lindungi, kecuali yang dipungut untuk kepentingan Islam maka Allah-lah yang menenentukan perhitungannya".

BAB 15: IMAN ADALAH PERBUATAN BAIK
25[Bukhari 26] Diriwayatkan dari Abu Huraira ra, bahwa Rasulullah Saw pernah ditanya: "Apakah amal (perbuatan) yang paling utama?" Beliau menjawab: "Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya". Ditanyakan lagi: "Lalu apa?" Beliau menjawab: "Berjihad membela agama Allah". Ditanyakan lagi: "Kemudian apa?" Beliau menjawab: "Haji mabrur".

BAB 16: JIKA ISLAM DIPELUK TIDAK SEBENARNYA
6[Bukhari 27] Diriwayatkan dari Sa'ad bin Abu Waqqash ra, bahwa suatu ketika Rasulullah Saw membagi-bagikan sesuatu kepada sekelompok orang ketika Sa'd sedang duduk, kemudian Rasulullah Saw tidak memberikan jatah kepada seseorang yang saya anggap paling baik di antara mereka, lalu saya bertanya: "Ya Rasulullah, mengapa anda tidak memberi orang itu? Demi Allah, saya tahu dia seorang mukmin". Rasulullah Saw menyahut: "Atau dia hanya seorang muslim". Saya terdiam sejenak, tetapi saya tidak kuasa bertahan karena saya mengenal orang tersebut, sehingga saya mengulangi pertanyaan saya lagi: "Mengapa anda tidak memberi bagian kepada orang itu? Demi Allah saya tahu dia seorang mukmin". Rasulullah Saw menjawab: "Atau dia hanya seorang muslim". Saya terdiam sejenak, tetapi saya tidak kuasa bertahan karena saya mengenal orang tersebut, sehingga saya mengulangi pertanyaan saya lagi dan Rasulullah Saw pun mengulangi jawbannya, lalu dia bersabda: "Hai sa'd, aku memberi seseorang, sedangkan yang lain lebih aku cintai karena aku khawatir Allah akan melemparkannya ke dalam neraka".

BAB 17: ISTRI YANG TIDAK BERSYUKUR KEPADA SUAMI DAN TINGKATAN KEKAFIRAN
27[Bukhari 28] Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, "Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita-wanita yang kafir". Ditanyakan kepada Rasulullah Saw, "Apakah mereka kafir kepada Allah?" Rasulullah Saw menjawab, "Mereka kafir (tidak berterima kasih) kepada suami dan tidak berterima kasih atas kebaikan suami. Seandainya kamu berbuat baik kepada salah seorang dari para wanita tersebut dalam waktu yang lama lalu dia melihat sesuatu dalam dirimu yang tidak disenanginya niscaya dia akan mengatakan, 'Aku tidak pernah kamu perlakukan dengan baik'".


Sumber: hadit-s.blogspot.com
BERSAMBUNG KE BAGIAN KETIGA

Poskan Komentar

 
Top