TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 


BAB I: SABDA NABI SAW: "ISLAM DITEGAKKAN DI ATAS LIMA PONDASI"
8[Bukhari 8] Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, "Islam ditegakkan di atas lima pondasi: 1) Bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. 2) Mendirikan salat. 3) Menunaikan zakat. 4) Berhaji. 5) Berpuasa pada bulan Ramadhan".

BAB 2: PERIHAL IMAN
9[Bukhari 9] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Saw, beliau bersabda: "Iman itu bercabang menjadi enam puluh lebih, dan rasa malu (untuk berbuat maksiat) adalah satu cabang iman".

BAB 3: SEORANG MUSLIM ADALAH ORANG YANG LIDAH DAN TANGANNYA TIDAK MENYAKITI MUSLIM LAIN.
10[Bukhari 10] Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru ra, dari Nabi Saw, beliau bersabda: Seorang muslim adalah orang yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim lain, dan orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan semua larangan Allah".

BAB 4: SIAPA MUSLIM YANG TERBAIK?
11[Bukhari 11] Diriwayatkan dari Abu Musa ra, dia berkata: Orang-orang bertanya kepada Rasulullah Saw, "Ya Rasulullah, siapa muslim yang terbaik?" Beliau menjawab, "Muslim yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim lain".

BAB 5: MEMBERI MAKAN ORANG LAIN ADALAH BAGIAN DARI ISLAM
12[Bukhari 12] Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru ra, bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah Saw: "Bagaimana menjadi muslim yang baik?" Rasulullah Saw menjawab: "Berikan makanan pada orang lain, ucapkan salam (berikan kedamaian) kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal".

BAB 6: DI ANTARA KEIMANAN ADALAH MENYAYANGI MUKMIN LAIN SEPERTI MENYAYANGI DIRI SENDIRI
13[Bukhari 13] Diriwayatkan dari Anas ra, dari Nabi Saw beliau bersabda: "Demi Allah yang menguasai diriku, seseorang di antara kalian tidak dianggap beriman kecuali jika dia menyayangi saudaranya sesama mukmin sama seperti dia menyayangi dirinya sendiri".

BAB 7: MENCINTAI RASULULLAH SAW ADALAH BAGIAN DARI IMAN
14[Bukhari 14] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Demi Allah yang menguasai diriku, seseorang di antara kalian tidak dianggap beriman kecuali jika aku lebih dicintai olehnya daripada orang tua dan anaknya sendiri".
15[Bukhari 15] Diriwayatkan dari Anas ra, ....... (sama dengan hadis sebelumnya dengan tambahan di bagian akhir sebagai berikut): "..... serta semua umat manusia".

BAB 8: NIKMATNYA IMAN
16[Bukhari 16] Diriwayatkan dari Anas ra, dari Nabi Saw, beliau bersabda: "Ada tiga hal yang barangsiapa mencapainya, maka dia akan merasakan nikmatnya iman: 1. Allah dan Rasul-Nya dicintai olehnya melebihi segala-galanya. 2. Mencintai orang lain hanya karena Allah. 3. Membenci kekafiran sebagaimana kebenciannya dimasukkan api neraka".

BAB 9: TANDA IMAN ANTARA LAIN MENCINTAI KAUM ANSHAR
17[Bukhari 17] Diriwayatkan dari Anas ra, dari Nabi Saw, beliau bersabda: "Tanda iman adalah mencintai orang-orang Anshar, dan tanda kemunafikan adalah membenci orang-orang Anshar".
18[Bukhari 18] Diriwayatkan dari 'Ubadahbin Ash Shamit ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda ketika sedang dikerumuni oleh para sahabat beliau: "Berbaiatlah, Ucapkan janji setia kalian kepadaku untuk tidak menyekutukan sesuatu dengan Allah, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak kalian, tidak berkata dusta/memfitnah, dan tidak berhenti menganjurkan kebaikan. Barangsiapa di antara kalian memenuhi janjinya dalam hal tersebut, maka Allah-lah yang menanggung pahalanya, dan barangsiapa berdosa (dengan melanggar janji tersebut), lalu dia disiksa di dunia, maka siksanya itu sebagai pelebur dosanya, dan barangsiap berdosa (dengan melanggar janji tersebut), kemudian Allah menutupi dosanya di dunia, maka kelak di akhirat terserah kepada Allah. Jika Allah mau, maka Allah akan memaafkannya dan jika Allah mau, maka Allah akan menyiksanya". Kata 'Ubadah: "Maka kamupun membaiat Rasulullah Saw dalam hal tersebut".

BAB 10: MENGHINDARI FITNAH(FOOTNOTE 1) ADALAH BAGIAN DARI ISLAM
19[Bukhari 19] Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudriy ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, "Akan tiba suatu masa di mana harta yang terbaik bagi seorang muslim adalah kambing yang dia gembalakan di puncak-puncak gunung dan di lembah-lembah tempat hujan turun, yang dengan itu dia menyelamatkan agamanya dari berbagai fitnah".
[footnote 1]: Fitnah bisa bermakna bencana, ujian, perang saudara, kekacauan dan lain sebagianya.

BAB 11: SABDA NABI SAW: "AKU ORANG YANG PALING MENGENAL ALLAH"
20[Bukhari 20] Diriwayatkan dari 'Aisyah ra, dia berkata: Rasulullah Saw senantiasa memberikan perintah kepada kaum muslimin menurut kemampuan mereka, lalu suatu ketika mereka mengatakan: "Kami tidak seperti anda, ya Rasulullah, karena Allah telah mengampuni dosa anda yang lalu dan yang akan datang". Maka Rasulullah Saw marah sehingga kemarahan tersebut tampak di wajah beliau, kemudian beliau bersabda: ""Seungguhnya orang yang paling bertakwa dan paling mengenal Allah adalah aku".

Sumber: hadit-s.blogspot.com

BERSAMBUNG KE BAGIAN KEDUA

Poskan Komentar

 
Top