TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

PONDOK PESANTREN SURYALAYA :
Desa Tanjungkerta - Kecamatan Pagerageung 46158
Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat - Indonesia
Telpon (0265) 454830 - 455801  Fax.(0265)454830
Website: www.suryalaya.org  email: madrasah@suryalaya.org


HIMBAUAN DAN AJAKAN 
PENGEMBAN AMANAH SESEPUH PONDOK PESANTREN SURYALAYA


Assalamu'alaikum wr.wb. Alhamdulillahi robbil 'aalamiin wabihi nasta'iinu 'ala umuriddunyaa waddiin
Pertama kali mari kita bersyukur ke Hadirat Allah SWT. yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk menikmati berbagai fasilitas dan kenikmatan dalam hidup ini. Sholawat dan salam bagi Baginda Rasulullah S.A.W., keluarga dan para sahabatnya yang telah memberikan uswah dalam kehidupan ini untuk menuju Allah SWT. Kepada para Auliya Allah, para Syuhada, para Sholihin semoga mereka senantiasa dirahmati Allah SWT. Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin. Lebih khusus lagi bagi Guru Mursyid Kita Pangersa Abah Sepuh (Syaikh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad Ra.) dan Abah Anom (Syaikh Ahmad Shohibul Wafa Tajul 'Arifin Ra.) yang sekaligus sebagai Pendiri dan Pelanjut Pesantren Suryalaya semoga dirahmati dan diberkati oleh Allah SWT. Al-FatihaH.
        Selanjutnya dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami yang diberi amanat sebagai Pengemban Amanah Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya perlu menyampaikan beberapa hal sebagai dorongan terwujudnya perbaikan dan pelestarian ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya serta pengelolaan Pondok Pesantren Suryalaya yang lebih profesional, efektif dan sesuai dengan amanat Guru Mursyid kita semua.
      Ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada para Sesepuh dan Ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya di manapun berada di daerah-daerah berkenaan keadaan dan situasi sekarang, antara lain:
Sesuai hasil kesepakatan (Ijma) Para Wakil Talqin TQN Pondok Pesantren Suryalaya pada hari Jum'at 10 Jumadil Awal 1434 H./22 Maret 2013  M., maka Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya masih tetap Pangersa Abah Anom (Syaikh KH.Ahmad Shohibul Wafa Tajul 'Arifin Ra.). Ini penting disampaikan dan ditegaskan untuk selanjutnya disampaikan kepada seluruh ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya. Mursyid adalah orang yang ditunjuk oleh Mursyid sebelumnya untuk membina para ikhwan yang sedang belajar mendekatkan diri kepada Allah SWT. dengan Ilmu Amaliyah dan Amal Ilmiah.
Guru kita semua Pangersa Abah membina para muridnya dengan penuh bijak dimulai dengan lisan ketika proses talqin, lalu diberikan contoh-contoh perbuatan secara langsung, dibuatkan berbagai tuntunan tertulis, baik yang bersifat umum maupun dalam upaya menyempurnakan amaliyah kita.
Maka dalam mengamalkan semua petuah dan tuntunan amaliyah TQN Pondok Pesantren Suryalaya tersebut perlu diperhatikan:
  1. Para Ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya hendaknya berusaha mengamalkan dan mengikutinya dengan tertib dan sewajarnya, tidak perlu merubah atau menambah-nambah. Dalam mengamalkan amaliyah TQN Pondok Pesantren Suryalaya, kita berpedoman kepada apa yang telah diamanatkan Guru Mursyid dalam kitab Miftahush-shudur karangan Pangersa Abah Anom dan Kitab Bidayatus-Salikin yang dikarang oleh Ajengan Citungku atas perintah Pangersa Abah Anom.
  2. Untuk kitab pegangan pengamalan hariannya, Pangersa Abah Anom telah membuat kitab, yaitu Uqudul Jumaan dan tidak boleh dirubah atau diganti dari segi teori atau prakteknya. Adapun mampu/tidaknya dalam mengamalkan atau benar/tidaknya dalam pengamalannnya, Pangersa Abah Anom telah membuat pedoman, yaitu Kitab Akhlakul Karimah. Intinya jika akhlak dan perilaku kita sesuai dengan apa yang tersurat dalam kitab Akhlakul Karimah berarti sudah benar, tetapi jika belum berarti belum benar.
  3. Apabila akhlak dan perilaku kita belum sesuai dengan apa yang tersurat dalam kitab Akhlakul Kharimah, maka perlu memperbanyak riyadhah. Pangersa Abah Anom telah membuat tata cara dan tuntunan be-riyadhah, yaitu kitab Tuntunan Ibadah yang merupakan buku pedoman beribadah harian selama 24 jam. Dalam melaksanakan berbagai ibadah tersebut terdapat berbagai rahasia dan hikmah yang tidak tertulis dan tidak mampu untuk dituliskan. Sebagai murid hanya wajib mengamalkan dengan sebaik-baiknya.
  4. Sebagian hikmah dan rahasia yang tersurat dan ditulis oleh Pangersa bisa dibaca beberapa Amanat Guru Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya (sudah ada 2 buku) dan berbagai kuliah subuh yang disampaikan Beliau (sebagian sudah ada yang dibukukan).
        Semua ini bisa dijadikan acuan dan petunjuk dalam rangka melaksanakan, mengamankan, melestarikan amaliyah TQN Pondok Pesantren Suryalaya dan amanat Guru Mursyid sebaik-baiknya setiap saat. Adalah suatu kewajiban bagi kita semua sebagai muridnya untuk senantiasa istiqomah mengikuti Guru Mursyid, sehingga mampu mendapatkan berbagai hikmah dalam mengamalkannya dengan tujuan utamanya:
[Ilahii Anta maqsudii waridhoka mathlubii a'thinii mahabbataka wama'rifataka]
Artinya : "Wahai Tuhanku Engkaulah yang kumaksud dan Keridhaan-Mu lah yang kucari, maka berilah aku kemampuan untuk berma'rifat dan bermahabbah kepada-Mu."
Gambaran seorang murid yang mengamalkan TQN Pondok Pesantren Suryalaya dengan sungguh-sungguh sudah ditulis dengan jelas oleh Pangersa Abah Sepuh (Syaikh KH.Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad Ra.) dalam TANBIH bagaimana kita perlu membuktikan kebajikan yang timbul dari kesucian :
  1. Terhadap orang-orang yang lebih tinggi daripada kita, baik dlohir maupun batin, harus kita hormati, begitulah seharusnya hidup rukun dan saling menghargai.
  2. Terhadap sesama yang sederajat dengan kita dalam segala-galanya, jangan sampai terjadi persengketaan, sebaliknya harus bersikap rendah hati, bergotong royong dalam melaksanakan perintah agama maupun negara, jangan sampai terjadi perselisihan dan persengketaan, kalau-kalau kita terkena firman-Nya “Adzabun Alim”, yang berarti duka-nestapa untuk selama-lamanya dari dunia sampai dengan akhirat (badan payah hati susah).
  3. Terhadap oarang-orang yang keadaannya di bawah kita, janganlah hendak menghinakannya atau berbuat tidak senonoh, bersikap angkuh, sebaliknya harus belas kasihan dengan kesadaran, agar mereka merasa senang dan gembira hatinya, jangan sampai merasa takut dan liar, bagaikan tersayat hatinya, sebaliknya harus dituntun dibimbing dengan nasihat yang lemah-lembut yang akan memberi keinsyafan dalam menginjak jalan kebaikan.
  4. Terhadap fakir-miskin, harus kasih sayang, ramah tamah serta bermanis budi, bersikap murah tangan, mencerminkan bahwa hati kita sadar. Coba rasakan diri kita pribadi, betapa pedihnya jika dalam keadaan kekurangan, oleh karena itu janganlah acuh tak acuh, hanya diri sendirilah yang senang, karena mereka jadi fakir-miskin itu bukannya kehendak sendiri, namun itulah kodrat Tuhan.
Itulah sebagian gambar akhlak seorang ikhwan yang benar-benar mengamalkan TQN Pondok Pesantren Suryalaya, termasuk Untaian Mutiara yang sangat agung, yaitu : "tidak boleh menyalahkan Ulama sejaman, tidak boleh menyalahkan pengajaran orang lain, tidak boleh memeriksa murid orang lain, tidak boleh berhenti bekerja jika disakiti, dan mencintai orang yang membenci kita". Oleh karena demikian kata Pangersa Abah Sepuh , hendaklah murid-murid bertindak teliti dalam setiap jalan yang ditempuh, guna kebaikan dlohir-batin, dunia maupun akhirat, supaya hati tentram, jasad nyaman, jangan sekali-kali timbul persengketaan, tidak lain tujuannya "Budi Utama Jasmani Sempurna" (Cageur Bageur). Tiada lain amalan kita Thariqat Qodiriyah Naqsyabandiyah, amalkan sebaik-baiknya guna mencapai segala kebaikan, menjauhi segala kejahatan dhohir bathin yang bertalian dengan jasmani maupun rohani, yang selalu diselimuti bujukan nafsu, digoda oleh perdaya syetan.
Demikian himbauan dan ajakan ini kami sampaikan, semoga memberi manfaat kepada kita semua dan mendapatkan ridla serta taufik Allah SWT. dan barokah Guru Mursyid Pangersa Abah (Syaikh Ahmad Shohibul Wafa Tajul 'Arifin Ra.) aamiin.

Suryalaya, 24 Dzulhijah 1435 H./19 Oktober 2014 M.
Pengemban Amanah Sesepuh PP.Suryalaya
K.H.Zaenal Abidin Anwar
------------------------------------------------------------------------------------------------
Demikianlah himbauan dan ajakan dari Pengemban Amanah Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya yang kami tulis kami bersumberkan dari website PP.Suryalaya. Semoga di tahun yang baru ini kita semua ikhwan/akhwat TQN PP.Suryalaya dapat menjalankan dengan sebaik-baiknya apa yang menjadi himbauan dari Pengemban Amanah Sesepuh PP.Suryalaya tersebut.
Kami atas nama Pengelola Bersama Website www.dokumenpemudatqn.com dan admin Grup FB Pemuda TQN Suryalaya mengucapkan :
SELAMAT TAHUN BARU 1436 HIJRIYAH, SEMOGA DI TAHUN YANG BARU INI KITA DAPAT MENINGKATKAN AMALIYAH SERTA KUALITAS IBADAH DAN KEHIDUPAN KITA....AAMIIIN

Poskan Komentar

 
Top