TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

Tadarus dan membaca Al Qur’an merupakan suatu hidangan yang tidak pernah membosankan,semakin membacanya maka semakin dinikmati, dan bertambah pula nikmatanya,sehingga Al Qur’an sering juga disebut”Ma’dubatullah’yaitu Hidangan Allah Subhanahu wa Ta’ala. 
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda:
“Sesungguhnya Al Qur’an itu adalah hidangan ALLAH,maka kalian terimalah Hidangan-Nya itu Semampu kalian.” (H.R. Hakim). 
Oleh karena itu sahabat saudaraku ..marilah kita berikhtiar maksimal untuk mencintai Al Qur’an, dengan harapan akan menumbuhkan rasa cinta untuk membacanya,mempelajarinya,menghapalkannya,memahami, mengajarkannya dan terlebih mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari tentunya dengan selalu berupaya tetap mengingat Allah (Zikirullah) ketika tadarus/membaca ALQuran.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menganjurkan kita semua umatnya, untuk senantiasa membaca dan tadarus Al Quran karena banyak faedah keutamaan dalam tadarus Al Qur’an,diantaranya yaitu :

•1.Menyembuhkan berbagai macam Penyakit.
Al Quran mengandung mukjizat sebagai obat untuk menghalau, dan menanggulangi penyakit-penyakit kejiwaaan,penyakit hati,dan penenang bagi siapa yang ditimpa kecemasan, dan dibayang-bayangi oleh pikiran buruk. 
Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman :
‘Dan telah KAMI Jadikan sebagian dari Al Qur’an sebagai obat (syifa) dan Rahmat (kebaikan, kasih sayang) bagi orang-orang yang Beriman.” (Q.S. Al Isra : 82)
“ Hai Manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran (mauizhoh) dari Rabb-Mu dan penyembuh (syifa) bagi penyakit-penyakit yang berada) dalam dada dan petunjuk (huda) serta rahmat bagi orang-orang yang Beriman.” (QS.Yunus : 57 ). 
“Katakanlah Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman.“ (QS. Fhusilat : 44).

•2.Memperoleh Kebaikan berlipat ganda 
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab ALLAH (Al Quran),maka baginya satu kebaikan,dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf,Lam satu huruf, dan Mim satu huruf,” (H.R.At Tirmidzi) 

•3.Memberi Syafaat di hari kiamat
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda
‘Bacalah olehmu Al Quran karena sesungguhnya Al Quran itu akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syaat bagi pembacanya”.(H.R. Muslim).

•4.Menjadi Sebaik-baiknya Manusia
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
“Sebaik-baik kamu sekalian adalah yang mempelajari Al Quran dan Mengajarkannya.”(H.R. Bukhari)

•5. Dikumpulkan di Surga bersama para Malaikat
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
“Orang yang mahir membaca Al Quran kelak (mendapat tempat di surga) bersama para para Malaikat yang mulia lagi taat.Sementara orang kesulitan dan berat jika membaca Al Quran , maka ia mendapatkan dua pahala.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

•6. Menjadi Pembeda
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
“Perumpamaan orang mukmin yang suka membaca Al Quran seperti buah kurma yang tidak berbau,tetapi rasanya manis,Perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al Quran seperti buah handhalah yang tidak ada baunya dan rasanya pahit.”(H.R. Bukhari dan Muslim). 
Dengan memahami maksud ayat dan hadits diatas,dapat dikatakan bahwa dengan membaca, tadarus Al Quran merupakan amalan yang mulia yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alahi wa Sallam,terlebih disaat bulan ramadhan tiba,akan dilipatgandakan pahalanya,dan bahkan hanya mendengarkannya pun kita akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Jika kita membaca Al Quran di setiap saat akan terasa ketenangan dan jauh dari kecemasan yang beragam, Karena semakin banyak kita membaca Al Quran akan semakin terasa ketenangan dalam jiwa . 

•7. Keutamaan Menamatkannya sebulan sekali
rasulullah saw. bersabda: “bacalah (tamatkan) al qur’an dalam setiap bulan”. (hr. abu daud). 

cara menamatkan al qur’an dalam setiap bulan, ialah:
anda datang ke mesjid untuk melaksanakan shalat fardhu sekitar 10 menit sebelumnya, agar anda dapat membaca 2 halaman sebelum setiap shalat atau sesudahnya, maka akan terkumpul dalam sehari 10 halaman atau 1 juz, dengan cara ini anda dapat menamatkan al qur’an dengan mudah dalam setiap bulan.

dari berbagai sumber.

Poskan Komentar

 
Top