TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 


Asalamu’alaikum wr wbr.
Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) atau lebih dikenal dalam konteks perguruan tinggi Islam sebagai Kuliah Ta’aruf merupakan momentum bersejarah bagi setiap siswa yang hendak memasuki pintu gerang perguruan tinggi dan sebentar lagi beralih status, setelah inagurasi, menjadi mahasiswa.
Bukan sekadar alih nama dari siswa ke mahasiswa tentu saja, namun di belakangnya menyiratkan tentang keharusan perubahan berpikir, perubahan sikap dan kebiasaan termasuk perubahan dalam menata dan melihat masa depan. Apalagi di perguran tinggi, dengan mimbar kebebasan akademiknya mahasiswa menjadi subjek utama dalam melakukan ziarah intelektual untuk meraih ilmu penegetahuan, diberi kebebasan untuk menyalurkan bakat dan minatnya melalui UKM yang tersedia untuk menunjang kehidupannya kelak.
Kuliah Ta’aruf dengan seluruh rangkaian acaranya yang telah tersusun bukan hanya sebagai cara awal untuk mengenal kampus dan lingkungannya namun juga merupakan wahana pembentukan karakter, kepribadian, watak, sikap, etika, wawasan dan pandangan seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain, bahwa tindakan dankepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi sedikit banyak ditentukan oleh baik tidaknya pelaksanaan Kuliah Ta’aruf di perguruan tinggi tersebut. Pernyataan ini terkesan sangat ekstrem karena seolah-olah menafikan komponen lain dalam pembentukan kepribadian mahasiswa. Namun disadari atau tidak, pengalaman pertama yang diperoleh selama mengikuti Kuliah Ta’aruf akan membentuk persepsi mahasiswa tentang dunia kampus yang akan dijalaninya, yang pada gilirannya akan terekspresikan dalam kehidupan kesehariannya di lingkungan kampus selama seluruh proses akademik berlangsung.
Oleh karena itu, semua pihak hendaknya menaruh komitmen penuh dan dedikasi yang tinggi atas terselenggaranya suasana Kuliah Ta’aruf yang kondusif bagi pembentukan watak mahasiswa sesuai dengan predikat IAILM dan STIELM Pondok Pesantren Suryalaya sebagai perguruan tinggi Islam yang berbasis Tasawuf dengan motto ilmu amaliah dan amal ilmiah. Ilmu yang dilandaskan pada haluan amal, dan amal yang berdasarkan pada semangat ilmu.
IAILM dan STIELM mulai berdiri tahun 1986. Perguruan tinggi ini menitikberatkan  pada upaya membangun komitmen akademik secara optimal dan konsisten. Hal ini diperlukan untuk menghindari stigmatisasi Kuliah Ta’aruf sebagai forum hura-hura, perploncoan atau digunakan untuk kepentingan lain yang bertentangan dengan tujuan Kuliah Ta’aruf di IAILM & STIELM Pondok Pesantren Suryalaya.
Dalam kerangka itulah, buku ini disusun. Sebagai pedoman bagi semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan Kuliah Ta’aruf. Baik panitia, pemateri, pemandu, dan pimpinan di tingkat fakultas maupun institut.
Buku ini juga memberikan gambaran secara komprehensif acara kegiatan  Ta’aruf untuk mahasiswa baru. Bagaimana prosedur pelaksanaan Kuliah Ta’aruf di lapangan sehingga diharapkan pelaksanaan Ta’aruf tetap berada dalam lingkup atmosfer  akademik dan koridor etika Islam yang berbasis pada nilai-nilai sufisme.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wbr.
Suryalaya, September 2013
Ketua Panitia,
Rachmat Effendi


Sumber tulisan : http://iailm.ac.id/  dan untuk lebih lanjut  mengenai IAILM silakan buka links tersebut.

Poskan Komentar

 
Top