TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

RUTIN berjalan kaki setiap hari tidak pernah ada ruginya. Bahkan sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa gadis remaja lebih disarankan untuk berjalan kaki ke sekolah (untuk jarak yang aman bisa dijangkau berjalan kaki), sebab kebiasaan ini diketahui memberikan pengaruh positif terhadap kinerja kognitif otak.
Hasil studi ini mengungkapkan bahwa gadis remaja yang berjalan kaki ke sekolah memiliki kinerja kognitif lebih baik, jika dibandingkan dengan mereka yang pergi ke sekolah dengan bus atau mobil.
Selain itu, kinerja kognitif yang lebih baik juga ditunjukkan pada gadis remaja yang waktu tempuh dari rumah ke sekolahnya lebih dari 15 menit, jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal lebih dekat dan memiliki waktu tempuh di bawah 15 menit untuk ke sekolah.
Pendapat ini disimpulkan dari pertemuan nasional studi AVENA (Food and Assessment of the NutritionalStatus of Spanish Adolescents), di mana University of Granada telah berpartisipasi bersama-sama dengan Autonomous University of Madrid, University of Zaragoza dan Spanish National Research Council di Madrid.
Para peneliti menegaskan bahwa selama masa remaja, plastisitas otak lebih besar daripada waktu lainnya dalam rentang hidup. Ini membuat masa remaja menjadi periode yang tepat untuk merangsang fungsi kognitif. Oleh karena itu, peneliti berpikir bahwa remaja yang tidak aktif bisa kehilangan stimulus yang sangat penting untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja kognitifnya.
"Pergi ke sekolah dengan berjalan kaki merupakan kebiasaan sehari-hari yang sehat. Aktivitas ini dapat memberikan kontribusi untuk menjaga remaja tetap aktif selama sisa hari itu," kata peneliti, Palma Chillon, seperti dilansir laman Times of India, Senin (2/9).
Sependapat dengan hal tersebut, David Martinez-Gomez dari Autonomous University of Madrid mengungkapkan bahwa penerapan jalan kaki ini akan mendorong mereka untuk berpartisipasi lebih banyak dalam kegiatan fisik dan olahraga.
Selain dapat meningkatkan pengeluaran energi, kebiasaan ini juga memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap kesehatan tubuh.

Sumber tulisan: jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=189050

Poskan Komentar

 
Top