ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

[Foto:  Kawah Tengkurep 1 Ilir Palembang,Kompleks Pemakaman Raja-raja Palembang, Para Waliyullah, dan Para Habaib,
di sini juga terdapat makam kakek dari Mbah Priok(Jakarta) dan Leluhur Para Habaib di Indonesia,
Malaysia dan Singapura ]
Tradisi ziarah ke makam raja-raja kesultanan Palembang Darussalam menjadi agenda rutin yang dilakukan Pemkot Palembang dalam menyambut HUT Palembang Tanggal 17 Juni 2013.
Tahun ini kegiatan ziarah serupa kembali dilakukan di komplek pemakaman Kawah Tengkurep 1 Ilir Palembang.
"Palembang kota tua dengan banyak sejarah dan pemimpin termasuk kesultanan Palembang Darussalam yang telah memimpin Palembang dahulunya," ujar Ucok Hidayat Plt Sekda Palembang, Jumat (14/6/2013) usai berziarah.
(Tradisi Ziarah di Paembang, foto dari antara foto.com)

Dikatakannya ziarah dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi atas jasa raja-raja kesultanan Palembang Darussalam memimpin dan memberikan sumbangsih bagi pembangunan Palembang.

Hingga kini keberadaan generasi kesultanan Palembang Darussalam pun bahkan masih tetap eksis memberikan sumbangsih bagi pembangunan Palembang. Bentuk penghargaan dan penghormatan ini tidak harus selalu dilakukan secara seremonial setiap tahun berbarengan dengan HUT Palembang tapi bagi masyarakat bisa dilakukan setiap saat dan kapan saja.
Raja-raja kesultanan Palembang Darussalam juga terkenal sebagai raja yang bijaksana selakigus pemuka agama Islam dan memiliki andil dalam penyebaran Islam di zaman kerajaan Sriwijaya sehingga makam kesultanan ini tak pernah sepi mendapat hadiah doa dan diziarahi penjung.

Sementara itu Kadis Budpar Palembang Tabrani mengatakan makam kompleks Kawah Tengkurep bukan hanya tempat ziarah saja tapi juga termasuk tempat wisata riligi bagi umat muslim.
Kompleks pemakaman raja kesultanan Palembang Daruusalam ini akan ramai dikunjungi masyarakat khususnya saat Ramadhan dan menjelang lebaran. Pengunjungpun bukan hanya berasal dari Palembang saja tapi juga dari luar Palembang.

Ramainya pengunjung yang hadir untuk berziarah membuat Pemkot berencana mempercantik kompleks pemakaman ini agar menjadi objek wisata religi yang semakin banyak dikunjungi masyarakat.
Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.
Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya". Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 17 Juni 682 Masehi, menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Didunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East ("Venesia dari Timur"). 
Kota Palembang juga dulunya merupakan pusat Kesultanan Palembang Darussalam.


(Sumber: tribunnews.com, wikipedia, dan berbagai sumber)

About Pengelola Bersama

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:


Top