TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

Washington - Supermoon atau bulan purnama akan muncul pada 23 Juni 2013. Tapi, supermoon yang nanti muncul tidak seperti sebelumnya. Supermoon itu bukan hanya bulan purnama terbesar pada 2013. Tapi pada saat itu bulan berada di posisi paling dekat dengan Bumi selama 2013, yaitu 5 kilometer lebih dekat dari jarak biasanya dengan Bumi.

Istilah supermoon dicetuskan oleh ahli astronomi Richard Nolle lebih dari 30 tahun yang lalu. Nolle mendefinisikan supermoonsebagai bulan purnama dengan posisi orbit bulan 
yang sangat dekat dengan Bumi. 

Selama terjadi supermoon, matahari, Bumi, dan bulan berada dalam posisi sejajar, dengan Bumi berada di tengah. Gaya gravitasi yang ada di Bumi, yang diberikan oleh bulan dan matahari, menyebabkan pasang-surut air laut. Hal ini sering kali dianggap sebagai penyebab munculnya bencana alam akibat supermoon.

Supermoon tampak lebih besar dari biasanya karena posisi bulan yang terlalu dekat dengan Bumi. Supermoon sebelumnya juga pernah muncul pada 2013, tapi supermoon yang akan muncul pada 23 Juni nanti akan lebih besar dan lebih dekat dari Bumi. Menurut situs EarthSky, supermoon tak akan muncul lagi sampai 10 Agustus 2014.

sumber: tempo.co

Poskan Komentar

 
Top