Dalam Mengatasi Kabut Asap: Mantan PM Singapura Puji Presiden SBY di Facebook

(30 Juni 2013) Singapura – Mantan Perdana Menteri Singapura yang kini menjadi Menteri Senior Emeritus, Goh Chok Tong, memuji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena menunjukkan kemauan, keluwesan, dan kenegarawanan yang bermartabat dalam mengatasi masalah kabut asap.

Lewat laman Facebook-nya, Goh mengatakan jumlah titik api di Sumatera telah turun dan indeks standar polutan (PSI) telah dalam angka yang moderat. Menurut Goh, hal ini terjadi atas arahan Presiden Indonesia kepada para menterinya untuk memadamkan kebakaran, ditambah kondisi cuaca seperti hujan dan perubahan arah angin yang lebih bersahabat.

Meski demikian, untuk tahun depan, Goh mengingatkan pepatah lama yang menyatakan “pencegahan lebih baik daripada penyembuhan.”

Goh mengakui tidak mungkin menghentikan secara total para petani miskin untuk membersihkan lahan dengan cara membakarnya. Namun dia mengatakan akan lebih mudah untuk mencegah pemilik perkebunan komersial melakukan pembersihan lahan dengan cara pembakaran. Yakni dengan bantuan teknologi satelit, kemauan politik yang kuat, dan kalau perlu peraturan yang baru.

CHANNEL NEWS ASIA | NATALIA SANTI
sumber tulisan dan foto: tempo.co

Related

Facebook 6033607202153682203

Poskan Komentar

Untaian Mutiara:

Jangan Benci Kepada Ulama Yang Sezaman ;

Jangan Menyalahkan Pengajaran Orang Lain;

Jangan Memeriksa Murid Orang Lain;

Jangan Berhenti Bekerja Meskipun Disakiti Orang;

Harus Menyayangi Orang Yang Membenci Kepadamu

Google+ Badge

Follow Us

item