Suryalaya News

Dzikirlah Selalu

Beberapa Fungsi Yang Tersembunyi di Google
Search engine atau Mesin pencari yang paling populer saat ini di dunia maya adalah Google, terbukti dengan bertenggernya situs raksasa ini pada peringkat pertama web terbaik menurut alexa.com. Hampir semua penduduk dunia setiap harinya mengakses Google.
Selain mencari indeks kata, Google juga dapat digunakan untuk mencari foto, video, games, peta, berita, email dan fitur Google lainnya. Google juga mempunyai fitur atau fungsi tersembunyi yang hanya sebagian orang saja yang mengetahui. 
Berikut rangkuman lima fungsi tersembunyi pada Google search:

1. Ketik 'Do a Barrel Roll!'
Ingin membuat Google sedikit bergerak agar Anda tidak bosan? Cobalah ketikkan 'Do a Barrel Roll' secara manual pada kolom pencarian ( jangan Copy-Paste ). Jika koneksi internet Anda bagus, saat pengetikan 'do a' saja google sudah bereaksi dengan bergerak memutar 360 derajat. Kunjungi www.google.com untuk mencobanya.

2. Ketik 'Google' secara terbalik
Salah satu keunikan Google yang sedikit orang mengetahuinya adalah bahwa Google dapat disajikan dengan tampilan terbalik seperti pada kaca. Sekarang Anda cukup mengunjungi elgoog.im pada laman web Anda.
Ketika terbuka Anda jangan terkejut karena tampilan Google yang terlihat terbalik seperti pada cermin, saat Anda mulai mencari semua kata yang Anda ketik beserta hasil pencarian akan terbalik. Elgoog merupakan kata Google yang dibalik.

3. Ketik 'Zerg Rush'
Istilah 'Rush Zerg' berasal dari sebuah game online tua bernama Starcraft, di mana ras Zerg dikenal karena kemampuannya untuk membanjiri, atau 'rush', lawan-lawan mereka untuk meraih kemenangan cepat. Ketika Anda mengetikkan kalimat di atas, ang kemudian muncul adalah hasil pencarian biasa. 
Namun beberapa detik kemudian, layar dibombardir oleh huruf 'o' dari Google yang jatuh dan menghilangkan setiap huruf pada google. Ini menjadi mini game, di mana Anda harus mengklik semua 'o' dan menghancurkan mereka sebelum mereka menghilangkan seluruh halaman. Meskipun Anda tidak bisa secara teknis menang, Anda dapat berbagi skor dengan orang lain.

4. Ketik 'Google Doodles'
Google 'Doodles' adalah fitur pintar dan menarik untuk mengenang orang atau peristiwa dalam sejarah yang secara teratur mengganti ikon Google pada homepage. Google Doodles dimulai sebagai penghormatan halus untuk Burning Man pada tahun 1998, tapi dengan cepat menjadi sangat populer. 
Bahkan ada panitia khusus sekarang pada Google untuk memutuskan Doodle berikutnya, dan terdapat pula satu set terpisahsebagai ilustrator dan pengembang untuk menciptakannya. Google Doodles mempunyai tampilan berbeda di berbagai homepage Google di seluruh dunia. 

5. Ketik 'anagram' atau 'recursion'
Bagi mereka yang suka humor, Google memiliki beberapa lelucon yang bekerja dalam rutinitas pencarian. Jika Anda mengetik anagram (kata atau kata-kata yang terbuat dari huruf yang sama dari kata lain) Anda mendapatkan saran: Nag a ram, yang berarti apakah Anda berarti seekor domba jantan yang cerewet? 
Namun jika Anda mengetikkan recursion, Google justru akan membenarkannya dengan kata yang sama, artinya tidak ada perubahan lain pada kata recusrsion.

sumber: uniknya.com, republika.co.id


 
Top