TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

Tabloid Lintas Pena- Kehadiran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya di Kec.Pagerageung, ternyata mendapat respon positif dari warga Kabupaten Tasikmalaya bagian utara dan sebagian warga Kabupaten Ciamis bagian barat.Buktinya, meski sekolah kejuruan ini baru berdiri bulan Juli 2002 dan memperoleh izin operasional No.01 18/421.5-Disdikbu/Dikmen/2003 tertanggal 13 Januari 2003, tetapi kini jumlah peserta didiknya mencapai 1.255 siswa. Bahkan kini telah Terakreditasi “A” sebagai jaminan kualitas lulusan dari sekolah ini.“Alhamdulillah, jumlah siswa yang masuk ke sekolah kami dari tahun ke tahun terus meningkat pesat. Kalau misalnya tahun pelajaran 2003/2004 hanya sebanyak 44 siswa atau hanya 2 rombel dan tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 405 siswa, tapi tahun pelajaran 2010/2011 meningkat pesat hingga mencapai 1.255 siswa,”ungkap Drs. Denny H. Gandasapoetra, MM, Kepala SMK Plus Serba Bakti Suryalaya kepada LINTAS PENA.

Denny H.Gandasapoetra mengatakan, bahwa selama ini SMK Plus Serba Bakti Suryalaya senantiasa berupaya turut membantu pemerintah dan masyarakat dalam menyediakan sarana-prasarana pendidikan kejuruan untuk kegiatan pendidikan dan latihan. Juga dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga ahli tingkat menengah yang professional/unggul/berkualitas, serta mempunyai kepribadian yang Islami, memiliki kompetensi, menguasai pengetahuan dan teknologi, mandiri dalam menghadapi persaingan pasar bebas (globalisasi) serta mampu berwirausaha.
“Dengan jumlah staf pengajar 67 orang guru yang profesional/ ahli dan berpengalaman di bidangnya masing-masing sesuai dengan tuntutan kurikulum dan penguasaan kompetensi yang disyaratkan, maka kami berupaya menyiapkan lulusan SMK Plus Serba Bakti yang inovatif dalam menghadapi persaingan pasar bebas dan memiliki jiwa berwirausaha secara mandiri,” katanya.
Hal itu sesuai dengan visi SMK Plus Serba Bakti yakni menjadikan sebagai SMK unggulan dan berdaya saing tinggi untuk menghasilkan tamatan/lulusan yang bertaqwa kepada Allah SWT, professional, produktif, kreatif, inovatif dan mandiri dalam rangka menghadapi tuntutan pasar.Sedangkan misi yang diembannya antara lain: meningkatkan profesionalisme Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam penyelenggaraan pendidikan & latihan kejuruan, mengembangkan program pendidikan & latihan sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja, menyiapkan SDM professional sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, serta mengembangkan kerjasama kelembagaan dengan dunia usaha dan industry untuk meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja maupun masyarakat.
Dalam menunjang visi dan misi tersebut, maka SMK Plus Serba Bakti Suryalaya yang berada dalam naungan Yayasan Serba Bakti Suryalaya ini menyelenggarakan Program Studi Keahlian antara lain:Pariwisata (akomodasi perhotelan & tata busana), Tata Niaga dan Keuangan (pemasaran & akutansi),Teknik Komputer dan Komunikasi (teknik komputer & jaringan, rekayasa perangkat lunak dan multi media), Teknik Otomotif (teknik kendaraan ringan roda empat/mobil & teknik sepeda motor), sertaTeknik Bangunan (teknik gambar bangunan & teknik purniture).
“Selain itu, kami pun memberikan program tambahan kepada para siswa yakni kepesantrenan, latihan setir mobil, pembelajaran melalui internet, serta ekstrakulikuler seperti olahraga taekwondo, pencak silat dan lainnya yang menjadi kebanggaan karena sering meraih juara,”jelas Denny H.Gandasapoetra.

Bisnis Center SuryaMart
Adapun sarana dan prasarana yang dapat menunjang kualitas pendidikan di SMK Plus Serba Bakti Suryalaya itu di antaranya 20 ruang belajar/teori yang memadai, ruang praktek dasar dan keahlian sesuai prodi, peralatan penunjang OHP & LCD, laboratorium komputer & jaringan, internet hot spot area, sarana ibadah berupa mesjid, sarana olahraga termasuk gedung olahraga, serta unit bisnis/usaha sesuai prodi.
Bahkan, lanjut Denny H.Gandasapoetra, SMK Plus Serba Bakti kini memiliki Bisnis Center “SuryaMART” sebagai sarana pembelajaran kewirausahaan atau untuk belajar kegiatan kewirausahaan bagi para siswa, yang langsung berhubungan dengan masyarakat disamping siswa melakukan Prakerin (praktek kerja industry) di berbagai perusahaan maupun lembaga yang sudah terjalin kerjasama. Bisnis Center “SuryaMART” ini diresmikan pada 1 Oktober 2010.
“Dengan adanya Bisnis Center semacam SuryaMART ini, maka diharapkan para lulusan SMK Plus Serba Bakti akan berjiwa wirausaha secara mandiri atau menciptakan lapangan kerja, tidak terfokus untuk mencari pekerjaan yang semakin sulit,”harapnya.
Prestasi
Kalau bicara soal prestasi, ternyata SMK Plus Serba Bakti pun tak mau ketinggalan dengan sekolah lanjutan atas lainnya, misalkan pada tahun pelajaran 2009/2010 yang lalu: Juara I tim Gatur Lantas pada Kemah Bakti PKS Polresta Tasikmalaya, Juara I diraih Tim PBB-AB pada Kemah Bakti PKS Polresta Tasikmalaya, masuk 10 besar pda event Olimpiade Matematika se Jawa Barat, Juara Umum Taekwondo pada Bupati Cup se-Priangan Timur, Odi Rohadi W dan Yani meraih juara III pada pencak silat se-Priangan Timur, dan Juara III pada Pekan Olahraga Pelajar se-Jawa Barat.
“Walaupun sekolah kami berada di lingkungan pondok pesantren, tetapi kalau soal prestasi dalam berbagai bidang, alhamdulillah tidak ketinggalan dengan sekolah lain. Karena kami berusaha mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki para siswa baik bidang akademik maupun non-akademik seperti olahraga taekwondo atau pencak silat yang ternyata prestasinya cukup gemilang,”tutur Kepala SMK Plus Serba Bakti Suryalaya mengakhiri obrolan.

(REDI MULYADI, TABLOID LINTAS PENA ONLINE 4 Oktober 2010  ) 

Poskan Komentar

 
Top