TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 


Tanggal terakhir di bulan April menjadi hari yang istimewa dalam perjalanan teknologi komunikasi melalui internet atau dunia maya. Ya, tanggal 30 April merupakan tonggak penting dalam sejarah pengembangan komunikasi global. Pada tanggal itu, untuk pertama kalinya domain World Wide Web (www) menjadi domain publik. 
halaman web pertama di dunia


Siapa yang menampilkan halaman Web untuk pertama kalinya? Ialah CERN, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, diketahui institusi pertama yang memperkenalkan domain WWW agar bisa diakses untuk semua orang di penjuru dunia secara bebas, tanpa royalti.

The Verge melansir, 1 Mei 2013, lembaga riset yang berbasis di Swiss itu tercatat sebagai penampil pertama halaman Web pada 30 April 1993, tepat 20 tahun silam.

Sebagai penanda sejarah itu, tim CERN memulai proyek baru. Yakni menghidupkan kembali situs Web pertama pada URL aslinya. 

Sebuah salinan halaman web sederhana CERN keluaran 1992, sebelumnya sudah tersedia pada server W3C. Tapi, kini halaman Web asli itu kembali dengan lokasi asli. 

Dilansir laman info.cern.ch, Web milik CERN itu dikembangkan fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee pada 1989 dengan nama proyek World Wide Web.

Proyek itu awalnya dipahami dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi antara fisikawan universitas dan lembaga riset seluruh dunia. 

"Menurut riset bisnis dan pendidikan, Web ini telah membentuk kembali cara kita berkomunikasi, bekerja, berinovasi dan hidup. Web adalah contoh tepat manfaat dari penelitian tentang kemanusiaan," kata Rolf Heuer, Direktur Jenderal CERN. 

Situs Web pertama didedikasikan untuk proyek World Wide Web dan diselenggarakan pada komputer NeXT milik Berners-Lee. 

Bisa dibayangkan, bagaimana wujud Website saat itu. Website ini menggambarkan fitur dasar dari Web, yaitu bagaimana untuk mengakses dokumen orang lain dan bagaimana menyiapkan server secara mandiri. 

Sayangnya, meskipun mesin NeXT saat ini masih berada di CERN, situs Web pertama di dunia tidak lagi online di alamat aslinya.

Langkah pengembalian situs itu juga sekaligus sebagai upaya CERN melestarikan semua aset digitalnya yang berhubungan dengan kelahiran Web pertama di dunia.

Arsip itu akan dimasukkan ke laman info.cern.cn agar menjadi sejarah bagi generasi di masa depan. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang proyek WWW dan situs Web pertama, Anda bisa mengunjungi http://first-website.web.cern.ch


teknologi.news.viva.co.id/news/read/409506-ini-halaman-web-pertama-di-dunia

Poskan Komentar

 
Top