TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

RIYADH-Raja Arab Saudi King Abdullah, memerintahkan pembangunan stasiun kereta api super mewah di negaranya. Rencananya, stasiun tersebut bakal menggunakan dinding berlapis emas dan trotoar menggunakan marmer. Karenanya tak mengherankan jika banyak yang menilai stasiun kereta api ini di atas rata-rata standar stasiun kereta yang ada di dunia.
Menurut news.com, Selasa (21/5/2013), jaringan kereta api enam lajur ini bakal memboroskan anggaran. Namun, hal ini juga dipandang  sebagai langkah maju bagi negeri kaya minyak ini untuk menarik wisatawan di seluruh dunia yang penasaran guna mengunjunginya.

(Mega Proyek Saudi: Stasiun Kereta Api berlapis Emas, foto: wowkren.com)
Sang arsitek bangunan ini dikreasikan oleh Zaha Hadid yang terinspirasi desain pasir tertiup angin di gurun. Sang desainer juga mengatur agar cahaya matahari bisa menjadi salah satu daya tarik dan penerangan di stasiun tersebut.

King Abdullah sendiri telah memerintahkan pembangunan stasiun supermewah ini di Ibukota Riyadh hanya dalam waktu empat tahun.

Sementara itu, beberapa stasiun kereta api terbaik di dunia seperti Hauptbahnhof, Berlin, yang merupakan stasiun kereta terbesar di Eropa. Konstruksi bangunannya sangat modern, serta memilki arsitektur bangunan futuristik. Stasiun kereta ini selesai dibangun pada 2006. 

Juga, North Park cable way, salah satu stasiun terbesar di Austria yang terletak di Kota Innsbruck. Konstruksi arsitektur bangunan North Park Cable Way ini juga dirancang oleh studio arsitek Zaha Hadid. Atap bangunan stasiun ini dibuat seperti bentuk gelombang yang abstrak dan menambah kesan futuristik stasiun kereta ini.


dokumen pemuda tqn suryalaya news
sumber: jppn.com

Poskan Komentar

 
Top