TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 


MAKASSAR - Uranium dari tambang di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat menjadi incaran beberapa negara lain.
Pakar ekonomi  Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Syarkawi Rauf mengatakan, uranium tersebut mempunyai potensi terbaik di Indonesia. Sehingga, pemerintah harus memanfaatkan dengan hati-hati. 
"Harus dikelola untuk kemakmuran rakyat, bukan menguntungkan pihak luar," kata Rauf ketika dihubungi di Makassar, Senin (13/5/2013).
Menurutnya, pemanfaatan uranium bukan hanya untuk menghasilkan tenaga nuklir untuk kepentingan pertahanan, tapi juga untuk kebaikan ekonomi. "Misalnya, sebagai PLTN dalam mendukung ketersediaan listrik di sini," katanya.
Dia mengatakan, kandungan uranium di Sulawesi Barat telah diketahui banyak negara-negara besar, termasuk Amerika Serikat, Rusia, Cina, dan banyak negara besar lainnya. Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah tidak boleh gegabah jika memiliki rencana mengelola sumber energi tersebut.
Kalau untuk kepentingan ekonomi domestik dan memenuhi kebutuhan ketersediaan pasokan listrik, kata Syarkawi, maka reaktor nuklir untuk pembangkit listrik bisa didirikan di Sulbar.
"Kalau kita bisa memanfaatkan uranium sebagai sumber energi listrik, daerah ini akan maju dan tidak akan pernah kekurangan listrik. Hanya saja kita belum punya teknologi untuk memanfaatkan uranium," katanya.
Semua elemen bangsa Indonesia khususnya para pakar teknologi dan pemerintah untuk lebih memperhatikan masalah sumber daya alam negara, agar dapat dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran seluruh rakyat sebagaimana amanah dari UUD 1945 dan cita-cita  luhur para pahlawan dan pendiri bangsa Indonesia. Janganlah malah pihak-pihak asing yang lebih banyak menikmati hasil dari kemerdekaan Indonesia selama ini. Sudah banyak contoh negara-negara yang hancur karena adanya kepentingan-kepentingan negara lain yang lebih kuat ekonomi serta teknologinya. Uranium hanyalah salah satu dari kekayaan bangsa ini yang diperebutkan oleh kepentingan pihak-pihak luar negeri, masih banyak sumber daya alam Indonesia yang merupakan rahmat dari ALLAH SWT.  yang wajib dipergunakan dengan amanah dan bijaksana.(red)

(Oleh Dokumen Pemuda TQN Suryalaya News, sumber tulisan : republika.co.id)

Poskan Komentar

 
Top