TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 


Pada masa sekarang ini kemajuan teknologi, khasnya dalam bidang informasi, komunikasi, dan transportasi begitu cepat. Arus orang, jasa, dan informasi bergerak dengan jauh lebih cepat, dalam jumlah yang makin besar, dengan kualitas yang makin baik, dan dengan biaya yang makin murah. Maka yang akan keluar sebagai pemenang dan mendapat manfaat dari globalisasi adalah yang telah secara mantap mempersiapkan diri. Pengaruh atau kesan yang ditimbulkan oleh globalisasi ini begitu besar dan luas, ia telah menyentuh seluruh aspek sendi-sendi kehidupan manusia. Mulai politik, sosial, budaya bahkan agama terkena pengaruh daripada globalisasi.
Islam menghadapi serangan peradaban dan pandangan dunia asing yang mengancam, serangan itu banyak merusakkan peradaban yang dibangun Islam berabad-abad lamanya. Walaupunbeberapa dekade terakhir dunia Islam telah meraih kemerdekaan politiknya, namun pengaruh dominasi Barat moden terhadap filsafat, budaya, seni, politik, ekonomi dan sosial tetap berlangsung dengan berbagai cara menembus keluasan dan kedalaman Dar al-Islam. Sejak daripada keluarga hingga negara, daripada ekonomi hingga arsitektur masjid, daripada puisi hingga obat-obatan, semuanya dipengaruhi oleh pandangan dunia asing yakni dunia moden. Barat telah banyak melahirkan orientalis yang mempelajari Islam menurut sudut pandang mereka, tetapi dunia Islam melahirkan sedikit oksidentalis yang dapat mempelajari berbagai aspek peradaban Barat dari sainsnya hingga seni, dari agama hingga perilaku sosial, menurut sudut pandang Islam.

Membangun Strategi Dakwah Islam
Strategi yang dilakukan dalam kegiatan membangun jaringan dakwah adalah dengan memanfaatkan perkembangan global connection. Sistem ini merupakan salah satu alternative untuk dijadikan sebagai media untuk berdakwah. Aspek keuntungan yang diperoleh dengan pemanfaatan jaringan internet ini antara lain dapat mempererat jalinan persaudaraan antara satu dengan lainnya juga dapat memberikan informasi dalam waktu yang singkat (aspek sosial), dapat berdiskusi mengenai perkembangan islam (aspek agama) serta pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (aspek ilmu pengetahuan). Strategi yang digunakan dalam membangun dakwah islam adalah jaringan facebook, jaringan yahoo messager dan jaringan mIRC.
Perkembangan dunia komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan fasilitas yang namanya facebook, yahoo messager, dan mIRC. Berbagai fasilitas tersebut merupakan suatu alternative yang efektif dalam upaya untuk menghubungkan antara individu satu dengan yang ini agar terjalin hubungan mitra pembangunan yang harmonis dan saling menguntungkan. Oleh karena itu, jaringan tersebut sangat tepat sekali sebagai sarana strategi dalam mengembangkan dakwah islam.
Facebook
Facebook merupakan sarana yang sangat tepat untuk dipakai sebagai strategi dakwah, kita bisa mengirim berbagai pesan dakwah melalui layanan tersebut. Selain itu, kita juga bisa menggunakannya sebagai media pendidikan, media politik, dll. Facebook menjadi media untuk menemukan dan menjadikan komunitas yang memiliki kepekaan juga kepedulian. Banyak juga yang menjadikan facebook sebagai alat untuk mencari teman-teman sepermaianan dulu, teman sekolah yang sudah berpisah lama, atau bahkan mencari saudara yang sudah lama menghilang. Selain itu, Facebook juga mampu mengeratkan tali persahabatan antara manusia yang satu dengan yang lain walaupun sebelumnya tidak pernah bertatap muka. Facebook mempunyai beberapa kelebihan diantaranya, bisa digunakan sebagai chatting, mengirim pesan ke semua teman, update info, update kegiatan, mengirim artikel, mencari teman untuk dijadikan anggota group. Dengan chatting kita bisa melakukan strategi dakwah fardhiyah, sehingga pendekatan kita lebih inten dan ikatan persaudaraan akan semakin kuat. Chatting bisa dilakukan kepada lebih dari satu teman. Pahalanya banyak banget” dan lain-lain, dengan harapan agar para pengguna facebook tidak lupa waktu dan mau mengerjakan kebaikan.
Yahoo Messenger
Yahoo Messenger (YM) merupakan salah satu messenger yang dapat dipakai untuk berkomunikasi via media teks (chat) secara online. Dengan menggunakan YM kita dapat berkomunikasi dengan teman, saudara atau relasi. yang memiliki banyak kegunaan diantaranya : chatting, telfon, webcam, group, mengirim file, mengirim gambar, dan lain-lain
Chatting : kita bisa menggunakan fasilitas chatting Yahoo Messanger untuk dakwah terutama dakwah fardiyah yaitu dakwah secara personal dengan seseorang, dengan dakwah fardiyah ini diharapkan dapat mengetahui karakter seseorang serta mungkin masalah-masalah yang sedang dia hadapi sehingga kita bisa membantu menyelesaikannya serta bisa mengajak dia ke jalan kebaikan Pada fasilitas message ini kita bisa mengirimkan pesan kebaikan serta ajakan-ajakan untuk berbuat ma’ruf kepada rekan kita entah dia online maupun offline.
Conference : pada fasilitas conference Ym ini kita bisa membuat sebuah pengajian online, pesertanya kita undang dari teman yang ada di kontak kita, kita bisa memberikan tausiyah secara lisan dan peserta bisa mendengarkan ceramah yang kita berikan dengan menggunakan earphone/headphone, peserta juga bisa berdialog interaktif baik menggunakan suara maupun tulisan secara langsung, sehingga suasana di pengajian online ini mirip dengan pengajian secara live pada umumnya.
My status : pada my status kita bisa menuliskan kata-kata mutiara yang bisa membangun jiwa teman-teman online kita, status kita bisa terlihat di kontak teman-teman kita yang sedang online. Join Room : Pada fasilitas join room ini kita bisa bergabung di room dengan berbagai kategori, salah satunya adalah room islam, di dalam room tersebut kita bisa berbincang-bincang dengan orang muslim sedunia yang juga sedang masuk dalam room tersebut.

mIRC
mIRC merupakan perangkat lunak untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang jalan di atas sistem operasi Windows. mIRC bisa kita gunakan untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. Dengan tersedianya skrip, para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas- bebasnya. Keunggulan dari strategi ini adalah adanya script yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya. Strategi dakwah dengan MIRC yaitu dengan membuat group islami.
Chatting : kita bisa menggunakan fasilitas chatting mIRC untuk dakwah terutama dakwah fardiyah yaitu dakwah secara personal dengan seseorang, dengan dakwah fardiyah ini diharapkan dapat mengetahui karakter seseorang serta mungkin masalah-masalah yang sedang dia hadapi sehingga kita bisa membantu menyelesaikannya serta bisa mengajak dia ke jalan kebaikan.
Room : disini kita bisa membuat sebuah room/ruang yang temanya tentang kajian keislaman, di dalamnya kita adakan diskusi keislaman serta tausiyah dengan bahasa serta penyampaian yang menarik supaya peserta tidak bosan, cara menarik massa dan mengajak orang untuk bergabung dalam room ini ialah dengan menaruh mesin bot (bot machine) di room–room yang sudah populer serta banyak pengunjungnya. Apabila ada user yang masuk ke dalam room yang sudah kita beri mesin bot kita, maka secara otomatis user tersebut akan mendapat pesan yang dapat kita atur sedemikian rupa, misalkan dengan kalimat ajakan yang menarik untuk masuk dalam room kajian islam yang telah kita buat, setelah mengeklik 2 kali maka user tersebut sudah dapat bergabung di room kajian islam yang telah kita buat.
Strategi ini memiliki beberapa keunggulan. Antaranya ialah: Pertama, dana yang diperlukan tidak sebesar dana yang diperlukan untuk dakwah dengan cara lain. Kedua, sasaran daripada internet ini tidak terbatas. Ketiga, serangannya dapat mengenai siapa saja, dimana saja dan kapan saja.keempat, da’i lebih mudah didalam bergerak. Kelima, orang yang mengunjungi situs tersebut dapat merasakan manfaat yang banyak. Keenam, kesan yang dihasilkan lebih menarik daripada yang lain. Ketujuh, efektif dan efisien.
Obyek dakwah atau sasaran dakwah adalah salah satu unsur yang penting didalam system dakwah yang tidak kalah peranannya dibandingkan dengan unsur-unsur dakwah yang lain. Oleh sebab itu, masalah obyek ini harusnyalah dipelajari dengan sebaik-baiknyua sebelum melangkah ke aktivitas dakwah yang sebenarnya. Maka dari itu sebagai bekal dakwah bagi seorang da’I hendaklah melengkapi dirinya dengan beberapa pengetauan dan pengalaman yang erat kaitannya dengan obyek. Misalnya sosiologi, Psikologi, Ilmu sejarah, Ilmu politik, Ilmu Hukum, antropologi dan tentunya ilmu dalam komputer guna menghasilkan kesan ynag menarik didalam dakwahnya.

(Dokumen Pemuda TQN Suryalaya News, sumber: sinankwalisongo.wordpress.com )
Review www.dokumenpemudatqn.com on alexa.com

Poskan Komentar

 
Top