TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 


KULON PROGO - Varietas durian Indonesia masih kalah bersaing dengan durian Musang King asal Malaysia. Demikian menurut penilaian pakar kuliner William W Wongso. 

"Durian Indonesia tidak memiliki standar kualitas dan mutu yang konsisten, bahkan tidak memiliki jaminan rasa, sehingga penggemar durian tidak dapat menikmati cita rasa durian asli negeri ini," kata William W Wongso di sela-sela menghadiri Festival Durian dan Slondok Banjaroya 2013 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

Ia mengatakan harga durian di Indonesia cenderung sangat tinggi, tetapi tidak memiliki jaminan rasa sesuai varietas yang ditawarkan. 

"Hal itu berbeda dengan durian Malaysia varietas Musang King yang ukuran dan isinya standar serta konsisten," katanya.

Menurut dia, durian asal negeri jiran tersebut berkisar antara 30 hingga 35 ringgit Malaysia, atau setara dengan Rp120 ribu per buah. "Rasanya sangat enak dibandingkan dengan durian dari Indonesia dan Thailand," katanya. 

Ia mengatakan di Indonesia banyak varietas durian seperti petruk, montong, dan durian menoreh. "Tetapi varietas-varietas tersebut tidak memiliki jaminan mutu, meski harganya sangat tinggi atau mahal," katanya.

(Sumber: republika.co.id)
===================

10 Fakta Unik Mengenai Durian :
(Durian Kalimantan/Borneo)

Di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Durian merupakan buah yang sangat digemari dan paling dicari pada musimnya. Meskipun banyak yang menyukai durian, banyak orang juga yang tidak menyukai buah yang disebut buah raja tersebut karena aromanya yang menyengat.

Akan tetapi tahukah kamu ternyata durian sendiri punya 10 fakta kesehatan yang tentunya sangat menarik. Penasaran ? lihat saja 10 fakta kesehatan tentang durian dibawah ini.

1. Durian Tinggi Kalori ?
Banyak yang beranggapan kalau buah durian tinggi akan kalori, akan tetapi durian hanya memiliki 50kcal saja.

2. Durian Tinggi Kolesterol?
Kolesterol tidak ada pada buah atau sayuran apapun. Kolesterol hanya terdapat pada produk hewani, bukan nabati.

3. Nilai Nutrisi yang sedikit ?
Buah durian sebenarnya kaya dengan vitamin dan nutrisi, seperti penangkal antioksidan yaitu vitamin C, B kompleks untuk persendian, dan pottasium untuk stamina. Durian juga mengandung dengan Kalsium dan Phosporus

4. Lemak
satu biji durian menghasilkan 1-2 g saja lemak nabati

5. Tinggi gula ?
perbiji durian (satu ulas) mengandung 10g gula. Ini cukup rendah dari pada anda mengkonsumsi minuman ringan kalengan

6. Memanaskan Badan ?
Durian dapat memanaskan badan anda, jadi bagi yang mempunyai darah tinggi atau kolesterol kurangi memakan durian secara berlebihan

7. Tingkatkan Nafsu Sex ?
Karena dapat memanaskan badan pada fakta diatas, berakibat pula kepada tingkat libido yang meningkat seiring dengan peredaran darah yang semakin cepat.

8. Durian tidak dibolehkan bagi penderita kolesterol ?
Memang betul demikian, akan tetapi bukan hanya durian saja, makanan yang mengandung gula berlebih memang tidak diperuntukkan oleh orang penderita diabetes dan kencing manis

9. Menghilangkan Stres?
Buah durian mengandung salah satu jenis Amino asid, trypthopan yang berguna untuk meningkatkan hormon serotonin (semacam hormon pembawa rasa kantuk)

10. Tidak dianjurkan makan berlebihan ?
Memang memakan buah ini terlalu banyak pun dapat merusak kesehatan apalagi bagi penderita penyakit diatas. 2 sampai 3 potong rasanya sudah cukup untuk menikmati buah yang enak ini.

sumber foto dan tulisan : 
http://iniunic.blogspot.com/2012/12/10-fakta-kesehatan-tentang-durian

Poskan Komentar

 
Top