TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

Singapura - Jumlah pengguna internet secara global tumbuh terus. Tapi, pertumbuhan paling pesat terjadi di belahan timur dunia. Di Asia Pasifik, sampai 2015,  diperkirakan bakal ada 500 juta penduduk yang bergabung ke internet. Ini jelas angka yang signifikan. Pengguna internet baru dari Amerika Serikat saja hanya 15 juta orang.  

Tidak seperti di negara-negara maju, mayoritas pengguna internet baru dari Asia Pasifik akan merasakan pengalaman berselancar untuk pertama kalinya dari sebuah perangkat mobile bukan dengan komputer meja. 

Dalam ajang paparan regional Asia Pasifik di Singapura, Senin, 3 Desember 2012,  “Membawa 1 Milyar Orang Berikutnya ke Internet” Google melihat perkembangan yang menarik di kawasan. Ajang tahunan ini diikuti puluhan jurnalis di Asia Pasifik.

Hingga hari ini sudah lebih dari 800 juta yang mengklik video Youtube "Gangnam Style" yang diunggah Psy hanya dalam hitungan bulan. 

Bos YouTube Asia Pasifik, Adam Smith, melihat bagaimana fenomena Psy menunjukkan pengaruh internet berdampak langsung. Bisa membawa budaya lokal untuk dikenal secara global. Contoh lainnya adalah orang-orang muda yang membuat film.

Secara khusus Adam Smith melihat anak-anak muda di Jakarta lewat jejaring media sosial. "Mereka menyumbang kemenangan Joko Widodo dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta," katanya. Lewat kanal YouTube pula saat ini Jokowi-Ahok menggunggah rapat-rapat pemerintah lokal (Jakarta) yang mendorong transparansi publik.  

Raksasa internet Google juga melihat dari para pengguna internet di negara-negara kawasan, bahwa tujuan pertama mereka berselancar adalah mengekspresikan semangat kewirausahaan, menumbuhkan bisnis mereka, dan berbagi budaya mereka.Contohnya membawa usaha kecil menengah (small bussines) ke online. “Karena dampaknya sangat luar biasa,” kata Managing Director Google Southeast Asia, Julian Persaud, di Singapura. “Di Thailand sudah tinggi pemanfaatan internet untuk industri rumahan. Bisa dilihat dari tumbuhnya Google Trader yang kami perkenalkan beberapa waktu lalu.”

Saat ini lokasi pertumbuhan perangkat ponsel pintar terbesar adalah Amerika Serikat, tapi yang berikutnya adalah di Asia Pasifik, yakni Jepang, disusul Korea Selatan dan India. 

Nelson Mattos, Vice President of Product & Engineering for Europe and Emerging Market Google, mengatakan, langkah terobosan Google membawa mereka ke dunia internet adalah menumbukan pasar dengan membuat internet lebih cepat dan murah. 

“Caranya, Google membangun pusat-pusat data dekat kepada pengguna dan bekerja sama dengan ISP-ISP lokal untuk menjamin penduduk menggapai pengalaman berinternet tercepat,” katanya. “Melansir perangkat-perangkat seperti Free Zone yang menyediakan akses gratis ke Gmail dan hasil-hasil mesin search."

(Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/12/03/072445530/Membidik-1-Miliar-Pengguna-Internet-Baru)

Poskan Komentar

 
Top