TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

Pengguna Facebook di Indonesia terus meningkat. Bahkan peningkatan pengguna Facebook di Indonesia selama tiga bulan terakhir merupakan yang tertinggi kedua setelah India.

Indonesia saat ini (06/12/2012) duduk di peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah pengguna terbanyak.Tercatat lebih dari 50,82 juta akun Facebook berasal dari Indonesia. Hanya Amerika Serikat. Brazil dan India yang melebihi Indonesia dalam hal jumlah pengguna. 

Akan tetapi dalam hal pertumbuhan jumlah pengguna indonesia menempati peringkat kedua. Dari data yang diperoleh dari firma pemantau jejaring sosial, Social Bakers, dalam tiga bulan terakhir pengguna Facebook di Indonesia tumbuh sebanyak lebih dari 6,67 juta akun. Indonesia hanya kalah dari India yang tumbuh 7,8 juta pengguna.
Apa faktor yang menyebabkan pengguna Facebook di Indonesia tumbuh cepat?

Ada beberapa sebab, faktor pertama adalah tumbuh pesatnya pengguna internet muda. Banyak siswa SD dan SMP telah memiliki Facebook. Kepemilikan akun Facebook telah dianggap sebagai suatu gaya hidup yang wajib dimiliki oleh generasi muda. 
Seorang anak dapat dianggap tidak gaul jika belum memiliki akun Facebook. Maka untuk mendapat tempat di mata temannya mereka harus memiliki akun Facebook.
Faktor kedua adalah sifat masyarakat Indonesia yang komunal (gemar berkumpul dan berkomunikasi). Di tengah semakin sedikitnya waktu berkumpul karena pekerjaan, Facebook dianggap sebagai sarana yang tepat. 
Semakin berkembangnya tingkat industri dan perekonomian di Indonesia membuat orang menjadi lebih sibuk bekerja dibanding sebelumnya. Hal ini membuat waktu berkumpul dan berkomunikasi menjadi berkurang. Dengan menggunakan Facebook, seseorang masih dapat berkomunikasi dengan orang atau komunitas di tengah kesibukan yang dialami.


Faktor ketiga adalah banyaknya pengguna yang memiliki akun lebih dari satu. Penggunaan ini dimaksudkan agar masing-masing akun digunakan pada saat yang berbeda. Ada akun yang digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kolega, akun yang digunakan untuk berdiskusi pada suatu forum tertentu dan akun yang digunakan untuk berbisnis.
Penggunaan akun berganda ini juga tidak lepas dari sifat orang Indonesia yang sangat menjaga privasi. Mereka tidak ingin aib mereka tidak tersebar secara luas.

Bagi Anda sendiri, apa faktor utama Anda mendaftar Facebook? Apakah Anda tergolong orang yang memiliki banyak akun facebook?


(Sumber: merdeka.com)

Poskan Komentar

 
Top