TQN PP.Suryalaya

TQN PP.Suryalaya
Website ini untuk Syiar Islam & ragam info bukan untuk profit bisnis
 

(Masjid Amirul Mukminin , Masjid terapung di Pantai Losari Makassar)


MAKASSAR - Mantan Wakil Presiden yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia, HM Jusuf Kalla, dijadwalkan akan meresmikan sejumlah fasilitas umum yang menjadi ikon baru Kota Makassar yakni Masjid Terapung dan sejumlah anjungan di Pantai Losari.
"Kalau berdasarkan jadwal sebelumnya yang akan meresmikan sejumlah fasilitas umum ini adalah presiden. Tetapi karena kesibukan beliau, sehingga peresmiannya akan digantikan oleh mantan Wapres Jusuf Kalla," ujar Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, di Makassar, Senin.
Peresmian mesjid terapung serta anjungan metro yakni anjungan Bugis-Makassar akan dilakukan pada tanggal 22 Desember 2012 mendatang.
Ia mengatakan pengerjaan anjungan Metro dan Anjungan Bugis-Makassar hingga saat ini sudah mencapai 90 persen. Dirinya meminta kepada kontraktor serta konsultan untuk tidak mengebut pekerjaan dengan asal-asalan.
"Sejak awal saya sampaikan kepada para pekerja untuk tidak perlu terlalu terburu-buru agar kualitas pekerjaan terjaga. Kami tidak ingin ada bangunan yang dikerja asal-asalan hanya karena ingin cepat selesai. Insya Allah batas kontrak penyelesaian hingga 20 Desember dan kami melihat progresnya sangat menggembirakan," katanya.

-WISATA RELIGI:

Pesona Pantai Losari kini semakin lengkap dengan hadirnya Masjid Amirul Mukminin. Masjid tersebut lebih dikenal dengan sebutan Masjid Terapung karena berdiri kokoh tepat di atas permukaan laut Pantai Losari. 
Berada di sebelah selatan anjungan, tak jauh dari Jalan Matro Tanjung Bunga. Kehadiran Masjid Terapung menambah ikon wisata religi di Makassar, setelah Masjid Almarkas dan Masjid Raya yang berdiri megah di Makassar. 

Bangunan Masjid Terapung yang terdiri dari tiga lantai itu ditopang 164 tiang pancang, yang memunyai luas 1.683 meter persegi. Tak ayal, masjid itu pun diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia dengan memadukan konsep religius dan wisata.
Kehadiran masjid yang digagas oleh Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, ini semakin memperkaya khasanah landmark Kota Makassar dan wisata religius di Kota Anging Mammiri ini. 

Tak hanya sebagai masjid terapung, perpaduan konsep wisata dan religius yang diusungnya mengundang decak kagum bagi siapa saja yang mengunjungi masjid tersebut.
 
"Konsep masjid ini luar biasa. Selain akan membuat jemaah yang melaksanakan salat merasakan kenyamanan, masjid ini juga menyuguhkan pemandangan yang manakjubkan. Sunset akan sangat indah jika disaksikan dari sini (Masjid Terapung, red) sambil menunggu waktu Salat Magrib," puji salah seorang pengunjung, Rahman, Kamis, 2 Agustus 2012 lalu.
 

(Sumber referensi : republika.co.id dan fajar.co.id)

Poskan Komentar

Teuku Asri mengatakan... 11 Desember 2012 16.30

Berarti Mesjid Amirul Mukminin terapung ini yang satu-satunya di Indonesia ya, Subhanallah. Iya salut buat bpk Yusuf Kalla, semoga Mesjid ini bisa menjadi ikon kebanggaan masyarakat Makassar.
Salam dari Anak Aceh

Belajar Memahami Diri Sendiri mengatakan... 11 Desember 2012 19.36

@Teuku Asri : sukron katsiro sdh berkunjung ke website kita ini....benar sdrku...ini yg pertama di Indonesia... salam persaudaraan dari kami Ikhwan Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya Jawa-Barat...
dan sy pribadi mewakili pula salam dari putera Bugis Bone Sulawesi Selatan....salam hangat dan teriring salam buat semua sdr2 kami Anak Aceh... :)

 
Top